Informasi Publik

Info Sistem Informasi ParPol

Cek Daftar Data Pemilih

Dokumen Persyaratan dan SILON menjadi sorotan dalam Tahapan Pencalonan

Dokumen Persyaratan dan SILON menjadi sorotan dalam Tahapan Pencalonan

Pontianak, kpu-pontianakkota.go.id - KPU Kota Pontianak menggelar acara Evaluasi Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kota Pontianak Tahun 2019 di Restoran Cita Rasa Lt. 2 Jl. Sultan Syarif Abdurrahman, Rabu (13/11). Dalam paparannya, Ketua KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memperoleh informasi, permasalahan, dan masukan dalam rangkaian tahapan pencalonan Pemilu Tahun 2019 dari para peserta acara evaluasi. Adapun peserta yang diundang untuk ikut berdiskusi berasal dari Perwakilan Partai Politik, Polres Kota Pontianak, Pengadilan Negeri Kota Pontianak, HIMPSI Kalimantan Barat, Kesbangpol Kota Pontianak, Bawaslu Kota Pontianak, RSJD Sui Bangkong, dan Dinas Pendidikan Kota Pontianak.

Ada dua hal utama yang menjadi perhatian dalam diskusi yang berlangsung, yaitu terkait Persyaratan pencalonan dan SILON.

Persyaratan Pencalonan

Hal yang menjadi sorotan dalam pemenuhan persyaratan pencalonan yang pertama adalah sulitnya memperoleh Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani.  Rumah sakit  Jiwa Daerah (RSJD) Sui Bangkong membatasi hanya 200 orang yang bisa dilayani dalam sehari. Sementara caleg yang dilayani adalah caleg seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat. Salah satu saran yang dikemukakan adalah memperbolehkan psikiater atau bahkan puskesmas untuk mengeluarkan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani tersebut, sehingga proses pemenuhan persyaratan dapat berjalan lancar.

Permasalahan kedua adalah pembatasan usia caleg yang berdasarkan tanggal lahir. Salah satu peserta mengusulkan untuk melakukan pembatasan usia berdasarkan tahun kelahirannya saja. Permasalahan ketiga dalam persyaratan pencalonan adalah kurang transparannya hasil assessment dan kurangnya sosialisasi rekam jejak masing-masing caleg. Disarankan bagi KPU Kota untuk dapat mengumumkan hasil assessment yang diperoleh serta rekam jejak masing-masing caleg kepada publik, sebagai bentuk transparansi informasi.

SILON (Sistem Informasi Pencalonan )

SILON  yang seharusnya menjadi alat bantu untuk mempermudah peserta dan penyelenggara pemilu untuk mengecek keabsahan data. Namun realitanya, masih ada kendala pada server dan beberapa kendala teknis lainnya. Diharapkan, untuk kedepannya, kinerja server sudah jauh lebih baik dan sudah tidak ada kendala teknis. (Liv)