Informasi Publik

Info Sistem Informasi ParPol

Cek Daftar Data Pemilih

DPB Kota Pontianak Per April, 459.309 orang

DPB Kota Pontianak Per April, 459.309 orang

Pontianak, kpu-pontianakkota.go.id - KPU Kota Pontianak melakukan Rapat Pleno Terbuka untuk menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Bulan April 2020, Jumat (08/04).  Rapat Pleno ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran KPU RI No 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tertanggal 28 Februari 2020 yang merupakan tindak lanjut dari amanat Pasal 20 huruf (l) UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Berkenaan dengan situasi pencegahan penyebaran pandemi wabah Covid-19, maka Rapat Pleno ini dilakukan secara Online melalui aplikasi Zoom. Terhubung secara daring pada rapat Pleno ini Ketua dan Anggota KPU Kota Pontianak, Anggota Bawaslu Kota Pontianak, Perwakilan Partai Politik, Perwakilan Disdukcapil dan Kepala Kesbangpol Kota Pontianak, dimulai dari  pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

Ket. Foto:  Peserta Rapat Pleno Online mengenai PDB Kota Pontianak Per April 2020.


Dalam Rapat Pleno ini ditetapkan DPB Kota Pontianak untuk periode bulan April 2020 dengan Total 459.309 pemilih yang berasal dari 459.333 (DPB s.d Maret 2020) dikurangi 24 Orang Pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat)-Meninggal yang berasal dari laporan masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, KPU Kota Pontianak menerima masukan dari Kepala Kesbangpol Kota Pontianak tentang koordinasi dengan dinas terkait (Dinas Kesehatan), sehubungan dengan pemutakhiran data korban meninggal terkait Pandemi. Perwakilan dari Parpol dan Bawaslu juga menyampaikan tentang Penggunaan data kependudukan yang dikelola Disdukcapil untuk menambahkan data pemilih pemula. Namun demikian, Disdukcapil Kota Pontianak menyatakan bahwa Data yang bisa digunakan adalah Data Konsolidasai Berkala sesuai MoU antara Dirjen Dukcapil dengan KPU RI, sementara data pelayanan yang berjalan belum bisa digunakan. Sebagai informasi tambahan Disdukcapil membeberkan angka Data Wajib KTP Kota Pontianak sejumlah 478.661 dan yang sudah melakukan perekaman sejumlah 472.767, dengan persentase 98, 76%.

Mengingatkan kembali, untuk warga kota Pontianak, silakan laporkan diri anda untuk Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan apabila:
1. Ada Anggota keluarga yang meninggal dunia
2. Pindah domisili
3. Sudah berusia 17 tahun atau lebih namun belum terdaftar dalam DPT
4. Belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah
5. Perubahan identitas kependudukan (nama/status kawin)
6. Perubahan Status pekerjaan menjadi TNI/Polri atau pensiunan TNI/Polri
7. Terdaftar lebih dari 1 kali di dalam DPT (ganda)
8. Kesalahan data/informasi dalam DPT
Dengan mengisi Formulir masukan dan Tanggapan Masyarakat terhadap Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan serta melampirkan Foto/fotokopi KTP-elektronik/Suket (Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Pontianak)/Kartu Keluarga di posko online: http://kpu-pontianakkota.go.id/page/pemutakhiran-daftar-pemilih


#PemutakhiranDataBerkelanjutan
#KPUMelayani
#KPULawanCovid19
#JageJarakTandeSayang