KPU Kota Pontianak Badan Penyelenggara Pemilu Paling Informatif se-Kalbar

KPU Kota Pontianak Badan Penyelenggara Pemilu Paling Informatif se-Kalbar

Pontianak, kpu-pontianakkota.go.id - KPU Kota Pontianak berhasil meraih Peringkat 1 Zona Informatif dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Informasi Badan Publik se-Kalimantan Barat Tahun 2021 yang  diselenggarakan oleh Komisi Infomasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat, kategori Lembaga Penyelenggara Pemilu Tingkat Kabupaten/Kota, Kamis (11/11).

Acara penganugerahan ini merupakan puncak dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Evaluasi Keterbukaan Informasi terhadap ketaatan implementasi seluruh kewajiban badan publik sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Acara yang berlangsung di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar ini dihadiri oleh  Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik KI Pusat Muhammad Syahyan dan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, S.E. M.Si, tersebut terbagi dalam 14 kategori penghargaan, yaitu:

  1. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota
  2. Kategori Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat
  3. Kategori Lembaga Legislatif
  4. Kategori Lembaga Yudikatif
  5. Kategori Lembaga Negara Tingkat Provinsi
  6. Kategori Lembaga Penyelenggara Pemilu Tingkat Kabupaten/Kota
  7. Kategori Bumn Tingkat Provinsi
  8. Kategori Bumd se-Kalbar
  9. Kategori Partai Politik

 

Ketua KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa penyampaian infomasi ke publik adalah hal penting teruatama di era disrupsi informasi seperti sekarang ini, dimana semua orang bisa saja menerima atau menyebar informasi yang tidak benar atau menyimpang. Untuk itu, KPU Kota Pontianak wajib untuk menyampaikan data dan infomasi untuk mengkounter, meluruskan atau bahkan mencegah infomasi yang tidak benar tersebut.

“Selain itu, KPU Kota Pontianak menyadari bahwa dalam setiap kebijakan dan langkah kerja, ada hak publik untuk turut mengetahui proses dan output yang dihasilkan. Hal ini sejalan dengan prinsip KPU yang akuntabel dan transparan dalam bekerja melayani masyarakat”, pungkasnya.

 

KI 5