Informasi Publik

Info Sistem Informasi ParPol

Cek Daftar Data Pemilih

Rakor Online, Absen Digital.

Rakor Online, Absen Digital.

Pontianak, kpu-pontianakkota.go.id –Namanya juga New Normal, bukan Balik Normal. Aktivitas rapat koordinasi tetap dilakukan secara online dengan menggunakan salah satu aplikasi telekonferensi daring. KPU Kota dan Kabupaten yang tidak menyelenggarakan Pemilihan 2020 diundang Rakor Online oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat menindaklanjuti surat KPU RI No 398 tentang Indikator Penilaian Daerah Percontohan untuk Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Selasa (16/06).

PDPB adalah salah satu amanat UU No 7/2017 dalam rangka memperbaharui data pemilih secara berkesinambungan guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya. Selama tahun 2020 ini, KPU Kota dan Kabupaten yang tidak menyelenggarakan pemilihan tahun 2020 telah melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan sampai dengan Bulan Juni 2020. Ada banyak dinamika dalam proses kerja PDPB ini, terlebih selama 3 bulan terakhir kita di dalam masa pembatasan sosial karena dampak Pandemi Covid-19.

Namun demikian, bukan berarti kami berpangku tangan. Penyesuaian-penyesuaian dan upaya yang luar biasa dilakukan agar kerja Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. Kreasi dan Inovasi inilah yang akan dipotret untuk kemudian dijadikan saripati praktek-praktek terbaik. Praktek terbaik ini nantinya bisa direplikasi dalam rangka optimalisasi kerja Pemutakhiran Data di KPU Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Ramdan, M.Pd menyampaikan instruksi agar seluruh KPU Kota dan Kabupaten yang tidak menyelenggarakan Pemilihan tahun 2020 dapat melaksanakan assessment Penilaian Daerah Percontohan untuk Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan sebaik-baiknya;  dengan mengoptimalkan, menggali dan mengupayakan kerja-kerja terbaik yang sudah dilakukan, dan disampaikan lengkap dengan dokumentasinya.

Sementara Komisioner Divisi Program dan Data KPU Provinsi Kalbar Zainab, SP menyampaikan detail-detail penjelasan pada tiap-tiap indikator.

Rapat Koordinasi daring yang memakan waktu selama 2 jam ini juga diisi diskusi seputar indikator penilaian dan hal-hal yang terkait proses kerja pemutakhiran yang sudah dilakukan oleh KPU Kota dan Kabupaten selama ini. Pada Rakor online ini juga, para peserta mengisi absensi tanda kehadiran secara digital. Jadi, kegiatan ini tak ubahnya Rakor pada masa Normal (dulu) yang bertemu secara fisik, hanya kali ini dilakukan dengan perantara media digital. Betapa perubahan aktivitas ke Dunia Digital ini memberikan nuansa baru, pelajaran untuk beradaptasi pada perubahan yang tak mungkin dielakkan. Lama-lama juga nyaman dan Normal Baru  ini akan menjadi Sesuatu yang Normal. Tetap sehat, tetap Produktif. (Dave).