Informasi Publik

Info Sistem Informasi ParPol

Cek Daftar Data Pemilih

RUMAH PINTAR PEMILU KAPUAS KPU KOTA PONTIANAK

RUMAH PINTAR PEMILU KAPUAS KPU KOTA PONTIANAK

Pontianak, kpu-pontianakkota.go.id - Pemilihan umum telah usai, tetapi bukan berarti kegiatan yang ada di kantor KPU kota pontianak juga usai. Kegiatan masih terus berjalan apalagi kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Kegiatan yang masih dilakukan salah satunya yaitu sosialisasi yang bertemakan kepemiluan. Baik sebelum ataupun sesudah pemilu, masih terus dilakukan sampai sekarang. 

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pada umumnya kami telah mendirikan tempat pendidikan kepemiluan yang sudah didirikan  sejak tahun 2015 yang lalu yaitu bernama Rumah Pintar Pemilu KAPUS yang terletak di kantor KPU kota pontianak di Jl. Johar No.1A, Kelurahan Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117

Rumah pintar pemilu (RPP) Kapuas ini ditujukan untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui dan memahami apa saja kegiatan yang ada di KPU. Bagaimana mengelola hasil pemilu dari TPS sampai diketahui hasilnya oleh masyarakat luas. Dan juga sekaligus memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam menyukseskan kegiatan pemilu dengan ikut terlibat aktif dalam kegiatan di badan adhoc di lingkungan tempat tinggal masing-masing. 

RPP Kapuas kota Pontianak untuk saat ini melakukan kegiatan yang ditujukan untuk basis pemilih pemula, basis pemuda, basis perempuan, dan basis keluarga. Kami memandang sangat perlu memberikan edukasi kepada basis-basis strategis karena mereka kedepannya akan memilih pemimpin, calon-calon pemimpin dimasa depan dan harapan kami merekalah nantinya yang akan turut andil dalam membatu menyukseskan pemilu yang akan datang. Dengan berbekal pengetahuan dan pemahaman yang kami sampaikan diharapkan mereka juga tertarik untuk menjadi penyelenggara pemilu di badan adhoc, baik itu KPPS, PPS, maupun PPK dilingkungan tempat tinggal mereka masing-masing nantinya. Juga bertujuan membangun kesadaran mereka untuk menggunakan hak pilih mereka dalam membangun masa depan bangsa dan negara Indonesia. Menghimbau dan mengajak mereka untuk lebih melek politik, memilih para calon legislatif dengan melihat dan mempelajari visi dan misi mereka sehingga pilihan yang kita pilih tepat dan sesuai dengan harapan.

Dengan melakukan sosialisasi ini, diharapkan basis pemula, basis pemuda, basis perempuan dan basis keluarga lebih interaktif dan peduli lagi tentang keberlangsungan bangsa, cinta akan tanah air karena ditangan merekalah nantinya bangsa ini kita serahkan. 

RPP Kapuas kota pontianak kembali melakukan kegiatan sosialisasi lagi berupa  fasilitasi dan audiensi yang dimulai dari hari senin tanggal 21 Oktober 2019 yang lalu. Mulai dilaksanakan disekolah antara lain SMA PGRI 1, SMA Ki Hajar Dewantara, MAS Al-Anwar, SMA Negeri 7, dan beberapa sekolah yang lain nantinya.  Kami mengunjungi sekolah-sekolah, organisasi pemuda, pengajian, maupun kegiatan karang taruna yang dilakukan oleh ibu-ibu. Kegiatan fasilitasi mereka hadir langsung ke kantor KPU kota pontianak. Di RPP Kapuas kota pontianak kami memberikan edukasi mengenai sejarah dimulainya kegiatan kepemiluan hingga saat sekarang yang baru saja kita lalui yaitu pemilu serentak tanggal 17 April 2019 yang lalu. Melakukan kegiatan simulasi pada saat di TPS sehingga mereka mengetahui proses tahap demi tahap yang dilakukan oleh para penyelenggara terutama KPPS di TPS.

Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk datang ke Rumah Pintar Pemilu Kapuas melihat, belajar dan mendapatkan edukasi tentang kepemiluan di kantor kami. (Imi)